08888031280-ibu rumah tangga gaji kantoran

Tutorial Bolu Batik

Sabtu, 13 Mei 2017
Bismillah....

Udah lama ya saya gak nulis-nulis di sini, kehebohan membludak dan manajemen waktu saya yang mulai berantakan bikin saya kelihatan sok sibuk padahal mah pengangguran banget. Tapi alhamdulillah sibuknya saya akhir-akhir ini membuat saya makin banyak mensyukuri nikmatnya Allah. Makin malu berkeluh kesah, sementara nikmat rejekinya banyak sekali di berikan pada saya. Nikmat rejeki gak selalu berbentuk materi atau uang ya, tapi juga perteman, ilmu itu buat saya juga rejeki dari Allah. 

Salah satu rejeki yang saya dapatkan adalah bisa mengikuti workshop bolu batik gratis, masya Allah.

Alhamdulillah, di kasih ijin mengikuti workshop secara gratis melalui undangan si pemilik workshop. 

Jadi Ibu ade ini adalah pemilik Baked lovers, cake , puding & cookies. Kue basah, cake buatannya enak banget karena saya pernah cobain. Salah satunya adalah bolu gulungnya. Beliau juga sangat ahli membuat kue special ulang tahun sampai kue pernikahan. Pokoknya keren banget deh.
Bisa cek IG nya disini https://www.instagram.com/bakedlovers_/  . Awas bikin kalap order hihihi.

Nah sekarang saya mau ngeshare ilmu yang saya dapet supaya gak hilang juga maksudnya gitu hahaha....maklum ya emak-emak kan gitu ikut pelatihan sampe rumah lupa deh.

Oke pertama aku tulisin resepnya dulu ya. Resep ini merupakan modifikasi resep yang di buat oleh ibu ade, dan beliau bersedia memberikannya pada semua peserta. Aduuh barakallahu fiik ya bu.

Resep Bolu gulung Motif

Bahan adonan motif
3 butir telur
100gr gula pasir
10gr cake emulsifier ( semisal sp)
100gr tepung tetigu protein sedang
10gr tepung maizena
65ml santan instan kental
Pewarna makanan sesuai selera

Bahan adonan kue
4 kuning telur
2 putih telur
120 gr gula pasir putih
15 gr cake emulsifier
120gr tepung proteinsedang
15 gr tepung maizena
15 gr susu bubuk
1/2 sdt garam
130ml santan kental
2 sdm susu kental manis

Bahan isi
Butter cream atau aneka selai atau keju atau meses.

Cara buat:
1. Gambarkan motif yang kita mau pakai di kertas baking paper uk 24x24 dengan cara menjiplak motif yg ingin kita pakai



2. Letakkan kertas tersebut kedalam loyang uk 24x24 yg sebelumnya telah di olesi bawahnya dengan mentega dengan bagian yg di tulis menghadap ke bawah. Tekan dan rapihkan jangan sampai ada gelembung di bagian kertas.


3. Siapkan bahan adonan motif
Kocok telur dan gula hingga mengembang. Masukan sp dan tepung. Lalu masukkan santan dan aduk perlahan hingga tercampur rata.

Ambil adonan masukkan ke dalam plastik kerucut dan beri pewarna sesuai kebutuhan untuk membuat motif.

Nah karena saya menggunakan 3 warna, hitam, kream dan coklat, jadi saya membutuhkan 3 plasti kerucut





4. Kukus adonan motif dengan api besar selama 5 menit.

Sementara itu kita buat adonan dasar kuenya.

Kocok telur dan gula sampai mengembang. Masukkan sp dan bahan tepung, maizena dan susu bubuk. Lalu masukkan santan dan susu kental manis secara perlahan dan aduk hingga tercampur rata.

5. Angkat adonan motif yg sudah di kukus dan tuang adonan dasar. Kukus kembali selama 10 menit.



6. Dengan perlahan balik kue sehingga motif berada di bawah. Oleskan ke permukaan kue dengan butter cream atau toping lainnya. Gulung hingga rapi dan padatkan



Taraaaaa bolu batik dan bolu karakter sudah jadi, rasanya lumayan deh buat pemula.

Kesulitan yg saya alami adalah pada saat membalikkan si kue jadi kudu tunggu si kue agak hangat2 baru di balik biar gak hancur.

Nah siap bikin buat persiapan lebaran? Atau buat di jual kembali?

Kalo udah bisa bikin boleh dong cerita-cerita disini juga yaaaa...

Feel free to ask any question ya.

Happy baking semuaaa

7 komentar on "Tutorial Bolu Batik"
  1. Coco buat lebaran, ini buka kursus dimana mba?

    BalasHapus
  2. Coco buat lebaran, ini buka kursus dimana mba?

    BalasHapus
  3. huaa...cakepnya...kirain mbak Vid bikin sendiri. tapi asli, ini butuh ketelatenan tingkat tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba rahayuuuu ini bikinan aku beneran loh hahaha. Yang doraemon sama batik parang aku yg bikin. Langsung praktek pas workshopnya.

      Hapus
  4. Wasikkk bisa di coba dirumah pasti anak2 suka banget

    BalasHapus
  5. Kerreeeeeenn amaaaat....ayok kita maen masak2an abis itu difoto2 yang caem..hihihi :)
    nanti cobain bareng nia, aaah..makasih sharingnya, ya..

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9